Dyah Rinni

Your Helpful Insight to Writing and Being
General | Writing

7 Sumber Foto Gratis Terbaik Bebas Hak Cipta

March 5, 2017

Di mana kamu mencari foto gratis untuk blog atau cover ebook atau wattpad kamu? Di Google Image? Tahukah kamu kalau foto-foto tersebut mungkin memiliki hak cipta? Artinya, kamu nggak bisa sembarangan ngambil begitu saja. Ya kalau yang punya foto baik hati dan tidak sombong, kalau yang punya foto lagi butuh duit? Nah, lho. Kamu bisa dituntut.

Tapi, bukan berarti nggak ada jalan keluar. Ada kok sumber-sumber foto gratis bebas hak cipta. Jadi kamu nggak perlu keluar uang sepeserpun dan kamu aman dari masalah hukum. Kamu bisa menggunakannya untuk blog, keperluan sosial media, bahkan juga (mungkin) penerbitan. Cek daftar sumber foto gratis berikut ini.

  • Flickrcc.  Waktu pertama kali kenal kata common creative (istilah bahwa karya itu bisa dipakai tanpa harus membayar), saya nyasar ke Flickcc.net. Bisa dikatakan, ini adalah sumber foto gratis saya pertama. Flickrcc.net merupakan koleksi dari Flickr yang bisa digunakan untuk umum. Saya suka karena pilihannya cukup banyak, tetapi kadang kamu perlu mencari sampai beberapa halaman untuk menemukan foto yang benar-benar kamu sukai. Perhatian juga di bagian kolom pencarian. Ada yang mengizinkan editing dan juga komersil.
  •  Pexels. Pexel memiliki lebih dari 10.000 foto stok gratis dan menambahkan sekitar 1,500 foto beresolusi tinggi setiap bulannya. Semua fotonya dipilih atau berasal dari sumber foto gratis. Jadi, tidak selalu koleksi khusus yang ada di pexels. Sebagai contoh, ketika saya mencari dengan keyword couple, saya menemukan foto yang sama ada di pixabay.com. Kelebihan pexels ada di koleksi foto-fotonya yang artistik.
  • Pixabay. Pixabay mungkin salah satu terlengkap yang saya temukan sejauh ini. Kelebihan pixabay ada di fasilitas pencarian gambar lebih rinci, seperti mau yang vertical atau horizontal? Ini fasilitas yang jarang dimiliki oleh situs foto gratis. Menurut saya, Kualitas gambarnya cukup bagus kalau kamu tidak menuntut terlalu tinggi.
  • Unsplash. Unsplash memiliki koleksi foto-foto yang artistic setipe dengan pexels. Di Unsplash terdapat fasilitas kategori, misalnya kategori black, maka muncul. Jumlah koleksinya cukup baik. Saat saya iseng mencari keyword café, muncul 110 gambar. Tetapi sayangnya hasil tidak bisa diurutkan kecuali berdasarkan koleksi (hasil kurasi) dan pengguna.
  • Gratisography. Gratisography merupakan kumpulan foto-foto berkualitas tinggi karya fotografer Ryan Mcguire. Seperti namanya, gratisography memang gratis, tetapi jumlahnya tidak sebanyak situs lainnya. Bagus buat kamu yang ngejar kualitas, tetapi bukan untuk yang nyari keyword yang spesifik. Gratisography bagus buat kamu yang mencari foto yang artistic dan tidak pasaran.
  • Stocksnap. Stocksnap mengkurasi sumber foto-foto gratis yang ada dan juga mengunggah foto-foto dari fotografer yang ada di jaringan mereka. Beberapa koleksinya mirip dengan sumber lain, Saat saya mencari keyword café muncul 65 foto, namun bagusnya bisa diurutkan seperti berdasarkan favorit, tanggal, relevansi dan lain-lain.
  • Freedigitalphotos. Freedigitalphotos sedikit berbeda dengan sumber foto lainnya, baik dari segi koleksi maupun ukuran. Sementara sumber lainnya memberikan foto dengan ukuran besar, free digital hanya mengizinkan foto gratis dalam ukuran kecil. Bagi mereka yang membutuhkan foto untuk blog, saya pikir ini sudah cukup. Selain itu, kamu perlu mendaftar untuk dapat mengunduh foto dari tempat ini. Gunakan saja akun facebook kamu untuk mendaftar dengan cepat.

Meski gratis, saya tetap menyarankan kamu untuk mengecek aturan mainnya. Apakah foto tersebut benar-benar gratis ataukah ada pembatasan? Misalnya boleh untuk keperluan pribadi, tetapi tidak boleh untuk komersil.

Selamat berburu foto. Yang manakah yang terbaik menurutmu? Atau kamu punya referensi sumber foto gratis lain yang bagus?

  • Toni Al-Munawwar

    Wah, saya biasanya lebih sering pakai Pixabay Mbak 🙂

    • Dyah Rinni

      Pixabay juga bagus. Makasih sudah mampir 🙂